Tanri Abeng : Tugas Besar Menanti, HRD Harus Fokus!

Jakarta, Klikanggaran.com (3/12/2017) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menetapkan Nicke Widyawati sebagai Direktur Sumber Daya Manusia PT Pertamina (Persero), di Kantor Kementerian BUMN, Senin (27/11/2017).

Pengangkatan tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-256/MBU/11/2017.

Kehadiran Nicke melengkapi susunan direksi Pertamina yang sebelumnya ada kekosongan pada jabatan Direktur SDM yang sebelumnya dijabat rangkap oleh Dwi Wahyu Daryoto, yang saat ini menjabat Direktur Manajemen Aset.

Komisaris Utama Pertamina, Tanri Abeng, yang hadir dalam pengangkatan tersebut menyatakan, Pertamina harus membangun dan berbenah dalam waktu yang bersamaan, sehingga peran human resources harus kembali diperkuat. Menurutnya, HRD merupakan pondasi yang paling penting dalam sebuah perusahaan.

"Tugas besar sudah menanti, kami berharap agar HRD fokus membuat blue print system yang terbaik dalam upaya peningkatan human capital di Pertamina, dan menempatkan talent terbaik di Pertamina untuk mengisi kekosongan jabatan di manajemen," ujar Tanri.

Direktur SDM baru menghadapi tantangan besar dalam menyiapkan karyawan yang memiliki daya saing global disertai dengan kemampuan, Agar visi untuk menjadi perusahaan kelas dunia dapat terwujud.

"Direksi baru harus dapat menyusun strategi untuk 22.000 pekerja yang ada di dalamnya. Silakan dicari solusinya, agar visi Pertamina menjadi world class energy company dapat terwujud," kata Tanri.

Nicke Widyawati, sebelumnya menjabat sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1 PT PLN (Persero). Lahir di Tasikmalaya, 25 Desember 1967, mengawali karier di bidang perbankan hingga kontraktor. Lulusan Teknik Industri, Institut Teknologi Bandung dan pada 2009 meraih gelar Master di Hukum Bisnis di Padjadjaran Bandung ini pernah menjadi Direktur Utama PT Mega Eltra, sebuah perusahaan kontraktor listrik di lingkungan holding PT Pupuk Sriwijaya.

Ia juga menjabat sebagai Direktur Bisnis di PT Rekayasa Industri (Rekind), dan Vice President Corporate Strategy Unit (CSU) di perusahaan yang sama, hingga akhirnya bergabung di PLN pada tahun 2014.

Dengan masuknya Nicke, seluruh posisi Direksi di Pertamina telah terisi. Sejak adanya perubahan nomenklatur susunan Direksi  PT Pertamina sesuai dengan Nomor: SK-160/MBU/08/2017 tanggal 15 Agustus 2017 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, Pengalihan Tugas, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina, maka total Direksi Pertamina berjumlah 10 orang, dengan komposisi sebagai berikut :

1. Direktur Utama: Elia Massa Manik

2. Direktur Keuangan: Arief Budiman

3. Direktur Hulu: Syamsu Alam

4. Direktur Gas: Yenni Andayani

5. Direktur Pemasaran: Muchamad Iskandar

6. Direktur Manajemen Aset: Dwi Wahyu Daryoto

7. Direktur Pengolahan: Toharso

8. Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko: Gigih Prakoso

9. Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia: Ardhy N. Mokobombang

10. Direktur SDM: Nicke Widyawati

(Baca juga : Keren! Pertamina Kembangkan Potensi Wisata Baduy)

(Baca juga : Catat! Beli Pertamax Series di Akhir Pekan, Dapat Cashback Rp 100 Ribu)

Ingin berlangganan berita klikanggaran ?