Anggaran Pelantikan Haryanto Rp 300 Juta, Mewah Nggak, Sih?

 

Jakarta, Klikanggaran.com (7/9/2017) - Pada tahun 2017 ini Sekretariat Daerah Pemerintah Daerah Kabupaten Pati punya anggaran sebesar Rp300.000.000 untuk acara pelantikan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Pati tahun 2017.

Tentu, anggaran pelantikan kepala daerah untuk pelantikan Bupati Hanyanto ini dinilai sungguh-sungguh mahal, mewah. Menurut publik, ini tidak masuk akal sama sekali. Masa sih, untuk sebuah acara seremonial saja, bisa menguras kas daerah sampai sebesar Rp300.000.000?

Selain mahal, anggaran pelantikan Bupati Haryanto ini juga dinilai hanya menghambur-hambur duit pajak rakyat, hanya untuk acara kemewahaan. Apalagi bila dilihat, sesuai dengan laporan yang masuk ke Klikanggaran.com, anggaran yang paling besar diperuntukkan hanya kepada administrasi. Seperti percetakan dan penggandaan, habis sekitar Rp 59,9 juta. Untuk makan dan minum, menghamburkan anggaran sekitar Rp 101 juta. Dan, honorarium panitia pelantikan Bupati dan Wakil Bupati sekitar Rp 57,9 juta.

Menurut publik, seharusnya biaya pelantikan Bupati Pati, Haryanto, tidak semahal itu, realisasi anggaran tak usah sampai ratusan juta. Cukup dengan puluhan juta saja, pelantikan Bupati Haryanto bisa dianggap publik sudah sangat sederhana, lantaran sangat menghemat anggaran kas daerah Pati.

Jadi mahalnya biaya acara pelantikan Bupati Haryanto, akhirnya hanya melukai rakyat Pati saja. Dan, timbul kekhawatiran masyarakat Pati, bahwa keduanya bakal langsung tancap gas membangun Kabupaten Berjuluk Bumi Mina Tani, bakalan hanya sebuah mimpi. Karena diperkirakan banyak anggaran atau APBD Pati bukan untuk kebutuhan rakyat Pati, tapi buat pejabat Pati. Contohnya, acara seremonial saja bisa super mewah, dan bisa diperkirakan habis sebesar Rp 300 juta. Benarkah harus seperti ini?

Ingin berlangganan berita klikanggaran ?

Anggaran

More Articles