Awas! Rp 20,6 T di Proyek LRT Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi Rawan Penyimpangan

Jakarta, Klikanggaran.com (12/9/2017) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang dipimpin oleh Menteri Budi Karya Sumadi adalah penanggung jawab proyek Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. Proyek yang nilai investasinya sebesar Rp 20,6 triliun ini ternyata dinilai rawan penyimpangan.

Untuk itu publik harus ikut mengawasi realisasi anggaran atas pembangunan proyek LRT Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi ini. Karena publik tampaknya menilai, banyak oknum di Kemenhub yang suka menerima uang terima kasih dari kontraktor.

Hal ini mungkin dikaitkan dengan kasus suap dan gratifikasi kepada Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Antonius Tonny Budiono. Penerimaan uang tersebut terkait dengan perizinan dan pengadaan proyek-proyek di lingkungan Ditjen Hubla tahun anggaran 2016-2017.

Dari laporan yang diterima Klikanggaran.com diketahui bahwa tujuan proyek ini sebetulnya tidak jelas untuk apa. Katanya, proyek "mega triliunan" ini adalah proyek sok-sokan saja, yang diduga untuk menghabiskan anggaran triliunan.

Menurut pemerintah sendiri, LRT ditargetkan beroperasi pada tahun 2018, sejalan dengan perhelatan Kompetisi olahraga Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang.

Walaupun target beroperasi pada tahun 2018, tapi sepertinya belum bisa dipakai untuk perhelatan Asian Games 2018, karena pengadaan sarana LRT Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi, belum disiapkan oleh PT. KAI (Kereta Api Indonesia). Namun, telah disepakati dalam rapat koordinasi pada tanggal 21 September 2016 bahwa penyelenggaraan sarana harus selesai pada kuartal pertama tahun 2019.

Sebagai catatan, proyek LRT ini adalah sebagai upaya mengurangi kemacetan di wilayah DKI Jakarta. Pembangunan LRT dibutuhkan untuk menyediakan sarana transportasi umum bagi masyarakat, sehingga penggunaan kendaraan bermotor pribadi dapat menurun.

 

Ingin berlangganan berita klikanggaran ?

Anggaran

More Articles