Irjen Kemenag: Biaya Harian Amirul Hajj Sudah Sesuai Prosedur

Jakarta, Klikanggaran.com - Menanggapi pernyataan Direktur Centre for Budget Analysis (CBA), Uchok Sky Khadafi, M. Jasin selaku Irjen Kemenag membenarkan adanya uang jalan/dinas Amirul Hajj kepada para wartawan, di Kantor Kementerian Agama, Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa (23/8/2016).

Menurut M. Jasin, Amirul Hajj adalah tugas yang diberikan Negara kepada Menteri Agama dan beberapa tokoh Ormas Islam sebagai representasi Negara dalam mengawal Jemaah Haji Indonesia di Arab Saudi. Amirul Hajj diibaratkan sebagai pemimpin Jemaah haji, maka menurut Jasin, mereka perlu mendapatkan uang operasional atau tunjangan selama bertugas di tanah suci.

 

“Mereka adalah representasi Negara, dan tugas mereka pun cukup banyak. Mereka tidak akan mendapat pelayanan lebih dari Kerajaan Arab Saudi, mereka tetap membayar transportasi dan lain-lain. Oleh karena itu, mereka pantas mendapatkan uang perjalanan dinas,” tegas M. Jasin dalam konferensi pers di Kementerian Agama.

Selanjutnya M. Jasin menjelaskan bahwa anggaran perjalanan dinas juga sudah disesuaikan dengan pagu anggaran perjalanan dinas yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan. Menurutnya, biaya operasional Amirul Hajj malah lebih sedikit daripada standar pagu anggaran.

“Dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) terdapat standar pagu anggaran untuk tunjangan biaya operasional para pejabat Negara. Besarnya sekitar 450 $ per hari. Maka jika per hari Ketua Amirul Hajj, yaitu Saudara Menteri Agama mendapatkan uang sebesar empat juta rupiah, hal itu merupakan kewajiban Negara dan masih di bawah standar. Itulah prinsip hemat anggaran yang diusung oleh Menteri Agama,” tambah M. Jasin.

Mantan salah satu Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu juga mengisyaratkan bahwa Amirul Hajj ini murni terdiri dari Menteri Agama dan Tokoh Ormas Islam yang dinilai Kompeten, serta tidak ada rombongan pribadi.

“Amirul Hajj tidak ada rombongan pribadi seperti tahun-tahun sebelumnya, tidak ada istri dan anak ataupun kolega yang ikut. Amirul Hajj dari tokoh Ormas Islam, dipilih berdasarkan kompetensi mereka dalam membawa Jemaah dan mengemban misi ibadah haji,” pungkas M. Jasin.

 

Ingin berlangganan berita klikanggaran ?

Anggaran

More Articles