Segini Nih, Dana Hibah Pemprov DKI Jakarta untuk Tahun 2018

Jakarta, Klikanggaran.com (06/12/2017) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, rencananya akan menggelontorkan daha hibah kepada sejumlah badan, organisasi swasta, organisasi masyarakat, dan lembaga. Bagi-bagi dana hibah tersebut rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2018.

Dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI tahun 2018, total dana hibah yang digelontorkan senilai Rp 1,7 triliun. Bahkan, anggaran dana hibah tersebut setiap tahunnya rutin dibagikan kepada badan, organisasi swasta, organisasi masyarakat.

Dari hasil pantauan Koordinator Investigasi Kaki Publik, Wahyudin, dana hibah yang digelontorkan kepada lembaga atau badan kemasyarakatan dalam tiga tahun terakhir yakni dari tahun 2016, 2017, dan 2018, mencapai angka Rp 5,7 triliun. Dengan rincian tahun 2016 mencapai angka Rp 2,5 triliun diberikan kepada 63 pihak, tahun 2017 mencapai angka Rp 1,4 triliun diberikan kepada 352 lembaga, dan tahun 2018 senilai Rp 1,7 triliun akan diberikan kepada 104 badan dan lembaga.

Di sudut lain, Wahyudin menilai, besarnya dana hibah yang diberikan terhadap organisasi masyarakat dan lembaga lainya itu, seharusnya dikaji ulang dengan meletakkan latar belakang fasos dan fasum yang ada di Pemprov DKI Jakarta.

“Masih terlalu banyak yang harus diperbaiki dan disediakan, demi terwujutnya masyarakat DKI Jakarta, dan publik pun mengetahui, banyak organisasi kemasyarakatan yang ditunggangi elite politik demi mengukuhkan kekuasaanya,” terang Wahyudin.

 

Ingin berlangganan berita klikanggaran ?

Anggaran

More Articles