Indonesia Menuju Ekspor Ikan Hias Terbesar Dunia Tahun 2019

Jakarta, Klikanggaran.com (19/3/2017) - Indonesia mendapat julukan "Home for Hundret of Exsotic Ornamental Fish species". Sebagai rumahnya akan hias dunia, mempunyai keunikan dan keragaman ikan hias, yang belum tertandingi negara eksportir lainnya di dunia ikan hias.

Indonesia memiliki ± 1.300 spesies ikan hias air tawar, 650 spesies ikan hias air laut. Dari jumlah tersebut, baru 90% yang bisa dikembangkan atau dibudidayakan.

Target produksi ikan hias tahun 2016 1,9 milyar ekor, sedangkan untuk tahun 2017 ini mencapai 2.1 milyar ekor/tahun.

Grafik produksi ikan hias Indonesia selalu meningkat menurut data dari Derektorat Jenderal Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Tahun 2016 ada lima daerah yang memproduksi ikan hias terbesar, yaitu peringkat pertama Jawa Timur, memproduksi 585,1 juta ekor. Peringkat kedua Jawa Barat, memproduksi 571,9 juta ekor, peringkat ketiga Kalimantan Barat, memproduksi 40,5 juta ekor, peringkat keempat Jawa Tengah 30,9 juta ekor, dan peringkat kelima DKI Jakarta memproduksi 22,4 juta ekor.

Jawa Timur menduduki peringkat pertama ini karena di Jawa Timur telah terbentuk daerah segitiga emas ikan hias, yaitu Blitar, Kediri, Tungagungg. Ketiga daerah ini penghasil terbesar ikan hias di Jawa Timur.

Ada 10 spesies yang diproduksi oleh kelima daerah tersebut, yaitu jenis Guppy, Neontera, Moli, Koki, Manvis, Platis, Baster, Komet, Cupang, dan Koy. Sepuluh jenis inilah yang merajai pasar ekspor dan pasar lokal ikan hias.

Tujuan ekspor ikan hias ke negara China, USA, Jepang, Singapura, Inggris, Hongkong, Prancis, Malaysia, dan Taiwan. Dengan nilai ekspor selama 3 tahun terakhir (2013-2016) ±12 trilyun rupiah.

Bila kita perhatikan, ada negara pengekspor ikan hias dunia terbesar yaitu Singapura, dengan nilai ekspor 51,7 juta USD, Spayol 36,5 juta USD, Jepang, 31,4 juta USD, Rep. Ceko 23,2 USD, Indonesia 20,9 juta USD. Berdasarkan sumber dari KKP (Kementrian Kelautan Perikanan), 54% dari nilai rata-rata perdagangan ikan hias dunia berasal dari Indonesia.

Berdasarkan dari pergerakan ekspor ke-5 negara tujuan Indonesia, ada dua negara pengekspor terbesar dunia yaitu Singapura dan Jepang. Sementara negara tersebut ikannya ±54% dari Indonesia. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin tahun 2019 nanti Indonesia akan menjadi eksportir terbesar dunia.

 

Bisnis

More Articles