Akom Dukung Reshuffle Kabinet

Jakarta, KlikAnggaran.com - Setelah diumumkannya pergantian (reshuffle) Kabinet Indonesia Kerja oleh Presiden Joko Widodo Rabu (27-07-2016), pada hari yang sama Ketua DPR RI, Ade Komarudin, memberikan keterangan pers di ruang media center Gedung Parlemen DPR/MPR, Senayan.

Akom, begitu sapaan akrab Ketua DPR ini, memberi dukungan kepada Presiden Joko Widodo mengenai kebijakannya melakukan perombakan (reshuffle) Kabinet Indonesia Kerja. Menurut Akom, kebijakan perombakan kabinet adalah bagian dari tugas negara dan merupakan pengejawantahan sistem presidensial.

 

“Dalam sistem pemerintahan presidensial, presiden dapat memilih para menterinya, baik dari partai politik atau dari kalangan profesional. Artinya, semua kewenangan ada padanya. Yang jelas, meskipun tidak mampu mengakomodir secara politik, tetapi secara proporsional tetap dapat dipertanggungjawabkan,” jelas politisi Partai Golkar tersebut.

Akom menambahkan bahwa, menteri yang menduduki jabatannya sekarang adalah orang pilihan yang tepat.

“Presiden dan Wakilnya memilih para menteri sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan dalam menjalankan roda pemerintahan. Mereka berdua yang memiliki hak prerogatif untuk melakukan penilaian. Para menteri yang terpilih sudah cukup tepat, sebab yang paling tahu soal para menteri itu adalah presiden dan wapresnya,” ujar Akom.

Perlu diketahui bahwa pada saat ini Golkar memiliki dua menteri hasil keputusan reshuffle. Dua orang itu ialah Airlangga Hartanto (Menteri Perindustrian) dan Enggartiasto Lukita (Menteri Perdagangan).

Ingin berlangganan berita klikanggaran ?

Kebijakan

More Articles