Pemagangan Merupakan Sistem Pelatihan Kerja

Jakarta, Klikanggaran.com (23/12/2016) - Dalam menghadapi persaingan global, pemerintah mulai meningkatkan kompetensi dalam daya saing tenaga kerja dalam negeri lewat program Pemasangan Nasional. Pemagangan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan dan bekerja secara langsung.

Menurut data dari Kemendes, sejak tahun 2009 hingga November 2016 program pemagangan dalam negeri sudah diikuti oleh 169.317 peserta, sementara untuk program Pemagangan Nasional yang dimulai pada tahun 2017, menargetkan akan menyerap 163.000 pemagang.

Angka di atas menunjukkan komitmen pemerintah dalam menciptakan terobosan untuk percepatan peningkatan kompetensi naker di Indonesia, sekitar 2.648 perusahaan telah berkomitmen untuk ikut serta dalam penyelenggaraan program pemagangan secara mandiri. Komitmen ini ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Pemagangan Nasional oleh Kemnaker, KADIN Indonesia dan Apindo.

"Semoga melalui Pemagangan, sumberdaya Indonesia dapat semakin berkualitas dan siap bersaing di dunia kerja." Demikian ditulis di akun resmi Twitter Kemendesa PDTT.

 

Ingin berlangganan berita klikanggaran ?

Kebijakan

More Articles