Anak Berkebutuhan Khusus Juga Perlu Pendidikan

Muara Enim, Klikanggaran.com (22/2/2017) - Anak luar biasa (ALB), atau yang sekarang disebut anak berkebutuhan khusus (ABK), adalah anak yang memiliki tiga ketentuan berikut:

Pertama, anak memiliki penyimpangan, berarti dari anak pada umumnya (kurang atau melebihi anak pada umumnya).

Kedua, penyimpangan tersebut membuat anak mengalami hambatan dalam kesehariannya, termasuk dalam aspek akademik (pendidikan).

Ketiga, karena hambatan tersebut seorang anak membutuhkan pelayanan khusus.

"Jika ketiga ketentuan di atas ada pada diri anak, maka anak dapat dikategorikan sebagai anak ABK," ujar Kepala Sekolah Luar Biasa Negeri Muara Enim, Wahyu, pada klikanggaran, Selasa (21/02/2017).

Menurut Wahyu, Sekolah Luar Biasa Negeri Muara Enim merupakan satu-satunya sekolah yang mendidik anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Muara Enim.

"Di sini ada jenjang pendidikan SD, SMP, dan setingkat SMA. Jumlah siswa-siswi kita ada 96 orang. Pada dasarnya proses belajar mengajar di sekolah kita sama seperti sekolah pada umumnya, yang membedakan di sini tenaga pengajarnya dari lulusan pendidikan luar biasa atau pendidikan khusus. Karena anak yang sekolah di sini merupakan anak yang berkebutuhan khusus (ABK)," ujarnya menambahkan.

Wahyu mengingatkan seraya berharap, agar ke depan para orang tua yang memilki anak ABK, khususnya di Kabupaten Muara Enim, agar sadar pentingnya pendidikan anak. Jangan sampai anak yang mempunyai kekurangan tidak bisa mencicipi dunia pendidikan yang merupakan hak asazi yang ada pada diri setiap manusia.

"Dan, tentunya SLB Negeri Muara Enim selalu siap untuk menerima dan mendidik anak-anak yang berkebutuhan khusus, agar kelak ke depan mereka juga bisa mempunyai masa depan yang cerah, sama seperti anak-anak pada umumnya," tutupnya.

 

Komunitas

More Articles