Budaya Riset Tinggi, China Jadi Rujukan Mahasiswa Kuliah

Jakarta, Klikanggaran.com (03/03/2017) - "Jangan salah, walaupun sebagian daerahnya masih terbelakang, tapi riset di Negeri China sudah maju. Riset di China tidak kalah berkembang dengan beberapa negara maju di dunia," ujar Hanzola, salah satu mahasiswa master jurusan kimia Universitas Indonesia (UI).

Masuk semester awal kuliah, banyak pendaftaran beasiswa dibuka. Salah satunya ke negeri tirai bambu, yaitu China. China menjadi negara favorit bagi mahasiswa asing untuk belajar. Selain karena ke luar negeri adalah hal menyenangkan bagi mahasiswa Indonesia, China adalah negara yang memberi banyak kuota bagi mahasiswa asing.

Sampai saat ini, banyak mahasiswa Indonesia yang meneruskan study master atau doktoral di sana. Alasan pertamanya adalah, banyaknya riset yang sudah maju, khususnya mengenai manajemen, baik manajemen pariwisata, manajemen bisnis, ekonomi, dan yang lainnya.

"Kalau belajar di China sangat cocok. Belajar seperti manajemen, walaupun yang lain juga bagus," ujar Fathan, juga salah satu mahasis UI, beberapa waktu lalu kepada Klikanggaran.

 

Komunitas

More Articles