Soal Kenaikan Belanja Hibah Pemprov Sumsel TA 2016

Klikanggaran.com (07/12/2017) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan pada tahun anggaran 2016 memiliki program bantuan dana hibah. Diketahui, untuk anggaran hibah tersebut, dihabiskan sebesar Rp 2,04 triliun.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pada dana hibah yang dihabiskan terdapat kenaikan sebesar Rp 403 miliar.

Anggaran sebesar triliunan Pemprov Sumsel tersebut dihabiskan untuk bantuan dana hibah kepada lembaga kemasyarakatan serta untuk Bantuan Operasioanal Sekolah (BOS).

Total anggaran yang dikucurkan untuk dana BOS TA 2016 tersebut mencapai Rp 1,5 triliun. Angka tersebut naik drastis dari tahun anggaran sebelumnya yakni Rp 415 miliar.

Pada kenyataan di lapangan, anggaran dana BOS yang digelontorkan oleh Pemprov Sumsel melalui dana hibah miliaran (triliunan) tersebut kontras dengan keadaan APM (angka partisipasi murni) di Pemprov.

Seperti temuan APM tahun 2016, untuk tingkat sekolah SMP mencapai 76,0 persen, serta SMA mencapai 60,0 persen.

Melihat anggaran triliunan tersebut, seharusnya dalam hal pendidikan di Pemprov Sumsel, dapat meningkatkan sarana dan prasarana. Hal ini guna mewujudkan pendidikan yang terjangkau oleh masyarakat menengah ke bawah dan berkualitas. Tidak ada komersialisasian pendidikan, serta tidak ada pendidikan yang dipolitisasi.

Bahkan, dana pendidikan mestinya lebih jelas dan transparan penggunaannya, baik itu dalam mengelola dana dari APBN, APBD, serta dana lainnya.

Demikian disampaikan oleh Koordinator Investigasi Kaki Publik, Wahyudin, pada Klikanggaran.com di Jakarta, Rabu (07/12/2017).

 

Ingin berlangganan berita klikanggaran ?

Opini

More Articles