Hot! Isu Politik Transaksional Jelang Pilkada Muara Enim 2018

Muara Enim, Klikanggaran.com (11/10/17) - Isu terjadinya politik transaksional yang mewarnai pesta demokrasi dalam menyongsong Pilkada Muara Enim 2018 pada mulanya dilontarkan oleh salah satu timses dari salah satu bakal calon Bupati Muara Enim melalui rilisnya yang diterima klikanggaran.com pada Senin (09/10/17).

"Mereka telah mengambil keputusan hebat, karena melawan arus deras politik transaksional yang terjadi di Muara Enim akhir-akhir ini. Mereka cuma ingin menjalankan transaksi dan kontrak politik dengan rakyat langsung, bukan dengan partai politik.” Demikian seperti pernah dikutip klikanggaran.com pada berita sebelumnya.

"Politik memang tidak bisa terlepas dari sebuah proses transaksi (pertukaran). Akan tetapi, transaksi tidak hanya identik dengan uang. Bisa berupa balas jasa, janji bagi-bagi kekuasan setelah terpilih, atau paket dari penyatuan masing-masing calon yang disodorkan. Dan, hal tersebut sebenarnya lumrah dalam sebuah percaturan politik. Karena dalam politik, yang ingin dicapai sejatinya adalah sebuah kekuasaan.” Begitu disampaikan Nazarudin, salah satu warga Kabupaten Muara Enim yang kesehariannya mengikuti perkembangan politik di Bumi Serasan Sekundang, Rabu (11/10/17).

Lebih jauh dirinya berpendapat, efektifitas dari bahaya politik transaksional adalah jika uang semata dijadikan panglima dari sebuah proses politik yang dilakukan. Karena dikhawatirkan kelak akan berpengaruh pada integritas seorang pemimpin yang dihasilkan. Pilkada yang diharapkan melahirkan seorang pemimpin yang jujur, arif, dan bijaksana, namun justru mendorong seorang kepala daerah yang berperilaku kolusi, korupsi, dan nepotisme (KKN).

“Hal ini sudah banyak terjadi dan seakan menjadi tontonan kita sehari-sehari. Sudah berapa banyak kepala daerah di Republik ini tersandung kasus korupsi dan harus berurusan dengan hokum, lantaran salah satunya dipengaruhi oleh biaya politik pilkada yang mahal dan sangat tinggi,” ujar Nazarudin menceritakan.

 

Ingin berlangganan berita klikanggaran ?

Peristiwa

More Articles
Burn Hoax adalah cara kami memerangi hoax-hoax yang tersebar dan berserakan di mana-mana, yang telah mengancam sendi-sendi berbangsa dan bernegara