Ketua Bawaslu Sumsel : Bawaslu Lebih Hebat dari KPK

Muara Enim, Klikanggaran.com (07/12/2017) - Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan, Junaidi, S.E., M.si., menyebutkan bahwa Bawaslu lebih hebat dari KPK.

Kehebatan tersebut menurutnya dikarenakan Bawaslu memiliki tugas sebagai pengawasan, pencegahan, penindakan, dan juga bisa memutuskan dalam sengketa administrasi pemilu.

"Bayangkan, semua orang terkejut pasca lahirnya Undang-Undang No 07 Tahun 2017, dimana tugas dari Bawaslu tidak hanya sebagai pengawas dan pencegahan. Tetapi, juga bisa sebagai hakim yang mengadili sengketa pemilu, dimana keputusannya bersifat final dan mengikat,” ujar Junaidi saat memberikan sambutan sekaligus membuka sosialisasi partisipasi dalam rangka pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muara Enim serta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan Tahun 2018 di Ballroom Hotel Grand Zury, Muara Enim, Kamis (07/12/17).

"Bandingkan dengan KPK yang hanya berwenang melakukan pencegahan, penindakan, dan penangkapan, tapi tidak bisa mengadili. Sungguh ini merupakan suatu wewenang yang luar biasa. Saya rasa tidak ada yang mempunyai wewenang seperti ini,” lanjutnya.

Junaidi memaparkan, sengketa yang ditangani Bawaslu misalnya, adanya ketidakpuasan satu partai politik terhadap keputusan KPU, maka dipersilakan lapor panwas. Semuanya menurutnya akan putus.

“Jadi, jika masyarakat nantinya ada sebuah temuan kecurangan pemilu, silakan lapor ke panwas, dalam waktu 7 hari laporan tersebut akan kita proses, yang tentunya minimal melampirkan KTP pelapor, alamat pelapor dan terlapor. Kami jamin identitas pelapor nantinya akan kita jaga kerahasiaanya. Panwas itu hanya bertiga, mengawasi peserta pemilu, mengawasi penyelenggara pemilu. Timses juga akan kita awasi,” paparnya.

 

Ingin berlangganan berita klikanggaran ?

Peristiwa

More Articles
Burn Hoax adalah cara kami memerangi hoax-hoax yang tersebar dan berserakan di mana-mana, yang telah mengancam sendi-sendi berbangsa dan bernegara