Pendidikan dan Kesehatan Menjadi Perhatian Serius Pemerintah

Jakarta, Klikanggaran.com - Menteri Koordinator Pembanguan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, sore kemarin menjadi Keynote Speaker dalam sebuah forum seminar bertajuk "Higher and vocational education" di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (23/11/2016). Acara ini dihadiri oleh Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, Kemenkes RI, Nila F. Moeloek, Pejabat K/L terkait, dan Dubes Indonesia untuk Kerajaan Belanda.

 

Seminar ini diawali dengan sambutan Perdana Menteri Belanda, Mark Rute, yang dilanjutkan dengan saling bertukar cendera mata oleh kedua negara. Menko PMK memberikan cendera mata berupa miniatur Kapal Phinisi.

Dalam acara tersebut ada beberapa pembahasan yang dianggap perlu untuk disampaikan, salah satunya adalah membuat kebijakan revitalisasi pendidikan dan pelatihan vokasional. Presiden RI, Joko Widodo telah menginstruksikan agar jumlah dan mutu pendidikan di Indoneisa terus ditingkatkan. Revitalisasi ini akan dilakukan melalui Kemdikbud RI, Kemristekdikti, dan Kemnaker RI. Ditargetkan pada jangka pendek, seluruh lulusan dari program revitalisasi itu memiliki sertifikat kompetensi.

Menteri Koordinator Pembagunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, berharap kerja sama Indonesia dengan Belanda memperkuat pembangunan di bidang pendidikan.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan seminar ke-2 tentang kesehatan, sebagaimana “Jaminan Kesehatan” menurut Menko PMK, Puan Maharani, yang memaparkan capaian Indonesia dalam membangun kesehatan rakyatnya. Pada dasarnya pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional perlu pembenahan infrastruktur, penyiapan tenaga medis dan penyebarannya yang diusahakan merata (pencanangan Germas).

Sejak tahun 2014 Indonesia telah melaksanakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Peserta JKN BPJS Kesehatan telah mencapai 170,2 juta jiwa, sekitar 66,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia. 92,4 juta jiwa atau 36,2 persen dari jumlah penduduk Indonesia dibiayai oleh negara sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) untuk JKN ini, Menko PMK menyatakan, “Indonesia dan Belanda memiliki sistem dan konsep Universal Health Coverage yang serupa."

Selanjutnya, Menko PMK menyatakan ketertarikan untuk belajar dari pengalaman pengembangan dokter keluarga seperti yang selama ini sudah diberlakukan di Belanda. Perdana Menteri Mark Rutte juga mnyatakan siap bekerjasama dengan Indonesia, yang diwujudkan dengan penandatanganan MoU kesepakatan pengembangan pembangunan bidang kesehatan.

 

Ingin berlangganan berita klikanggaran ?

Peristiwa

More Articles
Burn Hoax adalah cara kami memerangi hoax-hoax yang tersebar dan berserakan di mana-mana, yang telah mengancam sendi-sendi berbangsa dan bernegara