Advertorial

Heri Amalindo Hadiri Peluncuran Desa Aren dan Desa Mocaf oleh TP PKK PALI

PALI, Klikanggaran.com (14-11-2018) – Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Ir. Heri Amalindo M.M, menghadiri sekaligus mendampingi Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Pali dalam peluncurkan program Desa Aren dan Desa Mocaf, guna meningkatkan pendapatan keluarga menuju masyarakat Bumi Serepat Serasan sejahtera, bertempat di Talang Kerangan, Kelurahan Talang Ubi Utara, Kecamatan Talang Ubi, Rabu (14/11/18).

“Kegiatan ini merupakan program Pokja 3 TP.PKK PALI dengan melaunching Desa Aren dan Desa Mocaf. Alhamdulillah, program mocaf ini merupakan program unggulan Kementerian Pertanian RI yang akan dikembangkan di seluruh daerah di Indonesia, dan kita dahulu telah melakukan program mocaf ini,” ujar Hj Sri Kustina, Ketua TP.PKK PALI.

Tepung mocaf sendiri merupakan tepung yang terbuat dari singkong atau ketela kayu yang diolah dengan beberapa tahapan hingga menjadi serbuk bertekstur. permintaan tepung terigu untuk kebutuhan sehari-hari semakin meningkat. Padahal permintaan pasar sangat tidak sebanding dengan produksi dan import tepung terigu.

Menanggapi hal ini, TP PKK Pali bekerja sama dengan dinas terkait melakukan pelatihan di Yogyakarta dengan mengirim perwakilan dari lima kecamatan untuk pelatihan pembuatan tepung mocaf ini. Tepung mocaf sendiri merupakan salah satu alternatif yang sangat direkomendasikan sebagai pengganti tepung tapioka.

“Selain lebih terjangkau dari segi harga, tepung mocaf juga memiliki kandungan gizi yang tak kalah baiknya dengan tepung terigu. Selain itu, kita juga telah bentuk kampung aren, dengan membagikan bibit kelapa genjah entok ke lima desa dan mengirim perwakilan untuk pelatihan pengolahan kelapa di Depok,” kata Sri Kustina.

Sementara itu, Bupati PALI, Heri Amalindo, yang membuka launching Desa Aren dan Desa Mocaf, mengapresiasi kegiatan tersebut karena manfaatnya bisa langsung dirasakan masyarakat. Selain itu, kegiatan launching Desa Aren dan Desa Mocaf bisa mendorong perekonomian masyarakat.

“Kami juga mengapresiasi pihak lain yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini. Kami berharap perwakilan yang sudah ikut pelatihan untuk bisa mengembangkan ilmu yang didapat di desanya masing-masing,” ujar Bupati.

Ditambahkan Bupati, aren dan tepung mocaf merupakan bahan makanan yang sering digunakan masyarakat, dan tepung mocaf jauh lebih murah dari tepung terigu. Itu salah satu keunggulannya, dari faktor kesehatan, kadar gula lebih rendah dari tepung terigu.

Untuk itu seluruh masyarakat harus bersama-sama menjadi percontohan dan mengembangkan tepung mocaf dan pengolahan kelapa. Karena tepung mocaf bisa diolah menjadi berbagai macam makanan.

“Kami juga menyarankan kepada kepala desa agar ke depan membuat program pengadaan mesin pembuat mocaf melalui ADD. Sebab ADD boleh disisihkan untuk mendorong ekonomi masyarakat. Kepala desa juga harus bisa berinovasi dan mendukung program PKK menuju masyarakat Pali sejahtera,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut, TP PKK PALI juga membagikan bantuan peralatan mesin pembuatan tepung mocaf dan 1.000 tas sekolah terhadap pelajar yang kurang mampu.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
%d blogger menyukai ini: