Anggaran

Banyak Kebocoran Anggaran di Dinkes Jabar, Publik Bisa Tak Percaya

Jakarta, Klikanggaran.com (05-12-2018) – Dari dokumen yang diterima Klikanggaran.com, banyak terjadi kebocoran anggaran di Dinkes Jabar. Tercatat dalam database aplikasi Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD), Provinsi Jawa Barat telah menganggarkan dan merealisasikan belanja barang dan jasa senilai Rp4.599.823.977.734 dan Rp2.794.590.606.168.

Dari seluruh anggaran tersebut, Dinas Kesehatan sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) telah menghabiskan senilai Rp242.170.069.469 atau sebesar 62,49% dari anggaran senilai Rp387.546.416.347.

Tentu realisasi tersebut cukup rendah, dan menjadi bukti jika Dinkes Pemprov Jabar belum bisa melakukan pengelolaan anggaran secara efektif. Selain rendahnya realisasi tersebut, Dinkes Pemprov Jabar juga terhitung dan masuk dalam jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang bermasalah.

Tercatat dari penelusuran Klikanggaran.com, Dinkes Pemprov Jabar terindikasi banyak melakukan pemborosan anggaran dan mesti mengembalikan dan menyetorkan sebesar Rp134.689.599 kepada Kas Daerah. Pemborosan ini yang berindikasi terjadi kebocoran anggaran.

Jelas, ini Dinkes Pemprov harusnya sadar dan malu untuk tidak mengulangi hal serupa. Sebab, selain ia harus mengembalikan uang tersebut kembali ke kas daerah, Dinkes juga sudah dinilai buruk oleh publik. Bila demikian, kepercayaan publik kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat umumnya dan Dinkes khususnya akan menurun, atau bahkan tidak dipercaya lagi.

Lebih lanjut, Dinkes merupakan salah satu OPD yang memegang peran penting. Sebab OPD ini berperan di sektor kesehatan yang sangat erat kaitannya dengan persoalan kesehatan di masyarakat. Bila sektor ini rusak dan tidak dipercaya publik, maka bagaimana sektor kesehatan bisa maju dan baik demi terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan sosial bagi masyarakat di wilayah Jawa Barat dapat terangkat.

Publik berharap, hal tersebut menjadi catatan dan evaluasi bagi Pemprov Jabar untuk memperbaiki dan memecat saja para pejabat di Dinas Kesehatan yang tidak bekerja dengan baik dan banyak menyalahgunakan wewenanganya sehingga banyak terjadi kebocoran anggaran.

 

Penulis : Bagus AlFatah

Baca juga : Pemborosan Anggaran di Dinas Kesehatan Pemprov Jabar

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
%d blogger menyukai ini: